Cara Menghitung Usia Kehamilan

Posted on

CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN

cara-mengetahui-kehamilanCara Menghitung Usia Kehamilan – Mungkin hal biasa dilakukan dalam cara menghitung usia Kehamilan adalah dengan berkonsultasi dengan bidan atau dokter, hal ini memang terbaik dan dianjurkan demi ketepatan penghitungan usia kehamilan. Di samping itu, Untuk menghitung usia kehamilan bisa juga dengan melakukan USG, terbukti tingkat akurasinya lebih tinggi dengan cara mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ukuran jantung, ginjal, dan lain sebagianya, tetpai, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menghitung usia kehamilan dilakukan sendiri.

Dalam teknik perhitungan usia kehamilan, Salah satunya adalah berdasarkan Hari pertama Haid terakhir ( HPHT ). Untuk penghitungan dengan cara ini, Mensyaratkan hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil memiliki siklus haid normal dan teratur ( 28-30 hari ). Untuk prediksi usia kehamilan berdasar HPHT kita dapat menggunakan rumus Neagele. Kelebihanynya, Rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir ( HPL ).

Baca juga : Obat Aborsi Cytotec

Cara penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, lalu mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya januari, Febuari, dan maret, Maka bulanya ditambah 9, tapi tahunya tetap tidak ditambah atau dikurangi.

Contoh :

Jika HPHT anda adalah 16 nov 2012, maka :

16-11-12

+ – +

7 3 1 23 – 8 – 13 ( ini tanggal HPL )

Jadi prediksi waktu kelahiran bayi anda adalah tanggal 23 agustus 2013, seangkan untuk usia kehamilan tanggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tanggal 23 desember, berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan, dst. Untuk hari perkiraan lahir sebaiknya ditambah renggang waktu plus atau minus 7 hari.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menghitung usia kehamilan. Jika anda ingin lebih tepat lagi, anda bisa membaca buku panduan cara cepat hamil ditulis oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOG, seorang ahli kehamilan sudah banyak membantu ibu sulit hamil sebelumnya

Artikel : Cara Menghitung usia kandungan Terima kasih sudah berkunjung.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *